Info Terkini :

Aduan Kuda Muna

Jumat, 27 April 2012

Aduan Kuda Muna merupakan tradisi kuno rakyat  Muna , Kapogiraha adhara atau aduan kuda, salah satunya. Tradisi yang  menggambarkan betapa pentingnya kuda dalam kehidupan orang Muna. Mungkin karena tradisi inilah masyarakat luas mengenal Pulau Muna sebagai Pulau Kuda.  Aduan kuda menjadi kegiatan rutin setiap HUT Kemerdekaan RI dan Hari Raya Id Fitri dan Id Adha. kecuali di Desa Lathugo, Kecamatan Lawa, aduan kuda ini diselenggarakan tiap bulan.
Makna Aduan kuda ini adalah mencerminkan kekuatan dan keuletan dalam melaksanakan tugas, kewajiban yang diamanatkan sekalipun dengan mempertaruhkan jiwa dan raga. dan pada Jaman Kerajaan di Muna , adu kuda ini selau dipertontongkan kepada tamu tamu kerajaan. Jarak ke lokasi ini 20 km dari kota Raha. Selain Aduan kuda ini di Pulau Muna dapat juga dilihat obyek wisata lainnya seperti :
Gua Leang Kabori
Kobori sultratripotcom
Gua Leang Kabori atau gua bergambar di Desa Leang Kabori. Menurut pra sejarah gua ini ditempati oleh nenek moyang rakyat Muna yaitu untuk mendekatkan diri dari sumber air, (Pulau muna adalah pulau yang sangat gersang , sebagian besar daratan tanah berkapur , curah hujan sangat minim), dan air haya diperoleh dengan menampung air dari tetesan di dinding gua . Banyak lukisan purba yang menjadi saksi bisu kehidupan manusia prasejarah dari zaman batu tengah atau mesolitik, sekitar 40 ribu tahun silam. Seni lukis dinding atau rock art dipakai sebagai bentuk komunikasi visual paling efektif ketika itu. Di dinding gua-gua inilah, mereka melukiskan aktivitas sehari-hari, termasuk lukisan berbagai jenis binatang. Kelokasi ini 20 km dari kota Raha.
Danau Napabale
napabale sultratripotcom
Danau Napabale terletak di kaki bukit, dihubungkan ke laut melalui sebuah terowongan alami. Pada saat air laut surut para pengunjung dapat melintasi terowongan tsb. Namun apabila air laut sedang pasang sangat berbahaya untuk berenang karena air laut akan naik sampai ketinggian setengah meter di atas terowongan alam tsb. Danau Napabale tsb. letaknya ± 15 Km dari Raha ibukota Muna

Danau Motanunu
Napabalesultratripotcom
Danau Motonunu merupakan danau yang jernih dan berwarna biru tua, danau ini juga berhubungan dengan laut dan airnya tidak mengandung garam tapi dapat menyegarkan badan. Danau Motonunu terletak ± 15 Km dari Muna
Untuk mencapai Pulau Muna, bisa melalui jalan laut selama dua jam dari Kota Kendari atau 1 jam dari Bau-bau dengan berkendaraan speed boat. tiba di  kota Raha.
Share this Article on :

0 komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih Atas Komentar Anda

 
Copyright © 2012. Wisata Anoa - All Rights Reserved
INSYA ALLAH IYANAE RI KOLAKA - WISATA ANOA Desain Teluk Bone
Login - Administrator
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...